Mengenal dan Mewaspadai Apa Itu Kanker Serviks

Home / Mengenal dan Mewaspadai Apa Itu Kanker Serviks

 

apa  itu kanker serviks

apa itu kanker serviks

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cukup banyak kaum wanita yang belum mengetahui apa itu kanker serviks. Padahal jenis kanker yang satu ini merupakan jenis kanker paling banyak kedua yang diderita oleh para wanita di Indonesia. Kanker serviks atau yang dikenal juga dengan nama kanker mulut rahim ini membutuhkan waktu untuk berkembang selama puluhan tahun. Perkembangan ini terjadi tanpa menimbulkan gejala. Karena itulah banyak kasus kanker serviks yang baru ditemukan setelah stadium lanjut. Pada stadium lanjut, pengobatan terhadap kanker ini pun sudah semakin sulit untuk dilakukan sehingga akhirnya berujung pada kematian.

Mengingat begitu besar bahaya kanker serviks, maka kaum wanita wajib memiliki pengetahuan mengenai kanker serviks. Kanker serviks menyerang dengan ganas bagian terendah dari rahim yang tampak menonjol ke bagian puncak vagina. Sebagian besar kasus kanker serviks disebabkan oleh virus HPV (Human Papilloma Virus). Kelompok wanita yang beresiko tinggi terkena kanker serviks antara lain:

  • Wanita yang berhubungan seksual untuk pertama kalinya di usia yang masih sangat muda yakni antara 16 tahun sampai dengan 21 tahun
  • Wanita yang mempunyai banyak pasangan atau sering berganti-ganti pasangan
  • Wanita yang telah berusia di atas 30 tahun
  • Wanita yang merokok
  • Wanita yang menderita AIDS atau gangguan sistem kekebalan pada tubuhnya

Selain mengetahui apa itu kanker serviks, kaum wanita juga perlu mengetahui bagaimana cara mendeteksi jenis kanker ini sejak awal. Pemeriksaan secara rutin yang disarankan untuk semua wanita adalah pemeriksaan yang disebut pap smear. Pemeriksaan ini dilakukan dengan mengambil contoh sel pada serviks untuk diperiksa dengan cermat. Pemeriksaan pendukung lainnya adalah pemeriksaan HPV DNA untuk mengetahui adanya infeksi HPV pada serviks.

Tahapan Kanker Serviks

Tahapan Kanker Serviks

Pemeriksaan yang secara rutin dilakukan mampu mendeteksi perkembangan kanker serviks sejak awal. Tentunya peluang kesembuhan pun akan semakin besar dan biaya pengobatan pun tidak terlampau mahal jika dibandingkan bila kanker serviks terdeteksi pada stadium lanjut. Nah, tunggu apa lagi? Jika Anda sekarang sudah mengetahui apa itu kanker serviks dan resikonya, maka tak perlu lagi menunda-nunda untuk memeriksakan diri. Segera periksakan diri dan bantu sebarkan informasi ini ke sesama kaum wanita yang belum mengetahuinya.

Solusi Keputihan

Solusi Keputihan