Bagaimanakah Cara Mengatasi Keputihan Pada Ibu Hamil?

Home / Bagaimanakah Cara Mengatasi Keputihan Pada Ibu Hamil?
Mengatasi Keputihan Pada Ibu Hamil

Mengatasi Keputihan Pada Ibu Hamil

Ketika memasuki masa kehamilan, kaum wanita lebih mudah mengalami keputihan. Karena itulah kaum wanita perlu mengetahui cara mengatasi keputihan pada ibu hamil. Pengetahuan ini begitu penting sebab keputihan yang terjadi tidak boleh dibiarkan saja. Terlebih jika keputihan berlangsung pada trimester pertama kehamilan. Tetapi pengobatan terhadap keputihan ini harus dilakukan dengan hati-hati, mengingat pada trimester pertama janin masih sangat lemah.

Para ibu hamil perlu mengetahui jika peningkatan cairan pada organ intim kewanitaan memang akan terjadi selama kehamilan. Karena itulah ibu hamil tidak perlu merasa panik jika dirasakan cairan keputihan keluar lebih banyak dari biasanya. Satu hal yang perlu diwaspadai adalah bila cairan keputihan tersebut menimbulkan rasa gatal dan berbau tak sedap. Jika keputihan seperti ini dibiarkan terus terjadi, maka bisa mengakibatkan bayi lahir prematur akibat infeksi bakteri pada organ intim kewanitaan. Keputihan tak wajar selama kehamilan juga menaikkan resiko kematian bayi hingga 40x lipat.

Langkah penting untuk mengatasi keputihan di saat kehamilan adalah dengan mengupayakan menjaga organ intim kewanitaan tetap kering. Para ibu hamil bisa melakukannya dengan memilih pakaian dalam yang mampu menyerap keringat atau tidak terbuat dari bahan sintetis. Dalam satu hari, para ibu hamil bisa mengganti pakaian dalam beberapa kali untuk menjaga kebersihan dan kelembaban pada organ intim kewanitaan.

Cara mengatasi keputihan pada ibu hamil selanjutnya adalah dengan mengatur waktu agar ibu hamil memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat. Sebab tubuh yang terlalu lelah juga menjadi pemicu terjadinya keputihan yang tidak normal. Tubuh yang kelelahan membuatnya tak mampu melawan bakteri-bakteri jahat yang berkembang dalam tubuh. Ibu hamil juga harus menjaga diri agar tidak stress agar keputihan bisa terkendali. Selain itu ibu hamil sebaiknya tidak menahan diri untuk buang air kecil agar resiko terjadinya infeksi bisa dikurangi.

Nah, jika keputihan tak wajar terjadi, maka sebaiknya hindari mengkonsumsi obat-obatan untuk mengatasi keputihan tanpa pengawasan medis. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter sebab dibutuhkan cara mengatasi keputihan pada ibu hamil yang tepat tanpa mengganggu perkembangan janin.