10 Cara Mengelola Diabetes Melitus

Home / 10 Cara Mengelola Diabetes Melitus
Makan yang baik untuk penderita diabetes melitus

Makan yang baik untuk penderita diabetes melitus

Makan yang baik untuk penderita diabetes melitus

Makan yang baik untuk penderita diabetes melitus

Ketika didalam tubuh kita terdapat kelebihan kadar gula darah, berbagai masalah penyakit siap datang tanpa permisi. Obat dan suntikan insulin memang bisa membantu mengelola kadar gula tapi apa yang kita makan juga berdampak besar dalam pengelolaan agar kadar gula darah tetap stabil dan mencegah terjadinya komplikasi
Penelitian menunjukkan pada kasus tertentu perubahan pola makan akan memiliki efek yang sama dengan obat. Berikut ini ada 10 cara mengelola diabetes melitus dengan mengatur pola makan dan memperhatikan makanan yang baik untuk penderita diabetes dan makanan yang harus dihindari oleh penderita diabetes melitus.
1. Perhatikan karbohidrat.
Tubuh kita merespon makanan yang berglikemik indeks rendah lebih lambat sehingga kadar gula darah akan lebih stabil. Untuk jangka panjang akan memperkecil resiko komplikasi.
Bahan makanan golongan karbohidrat yang tinggi glikemik indeks dapat menyebabkan kenaikan kadar gula darah secara mendadak. Kenaikan ini walau hanya untuk waktu singkat dapat berkontribusi terhadap terjadinya komplikasi
2. Batasi gula dan tepung
Gula dan tepung yang dikonsumsi secara berlebihan pada saat yang bersamaan akan menimbulkan lonjakan kenaikkan gula darah. Karenanya penderita dibetes harus mengkonsumsi keduanya dalam porsi yang terbatas. Saat ini ada solusi untuk makanan selingan penderita diabetes melitus, mereka  dapat mengkonsumsi Biskuit Caromma yang di formulasi khusus untuk penderita diabetes. Biskuit Caromma terbuat dari tepung mocaf, tepung koro pedang dan selai kurma. makanan selingan diet rendah glukosa yang aman bagi penderita diabetes. Baik diberikan bagi pasien diabetes karena dapat menurunkan gula darah bila dikonsumsi secara teratur (90 gr/hari). Terbuat dari tepung mocaf, tepung kacang koro pedang, dan selai kurma yang bergizi tinggi dan aman bagi penderita diabetes. Info lebih lanjut dan pesan Biskuit Caromma klik DISINI atau SMS 081310375352
3. Tetap perlu protein
Penderita diabetes tak perlu mencoret protein dalam daftar makanan mereka. Tapi pilihan protein yang mengandung lemak baik seperti yang terdpat pada ikan daging, unggas , tahu dan tempe. Bahan makan itu memiliki IG dan GL rendah. Tubuh membutuhkan protein untuk menggantikn jaringan tubuh yang rusak.
4. Beralihlah ke lemak baik
Penderita diabetes tak perlu memusuhi lemak karena tubuh tetap butuh lemak. Hanya saja pilihlah lemak baik dan tidak dalam jumlah yang berlebihan. Karena lemak baik bila berlebihan akan sama buruknya dengan lemak jahat dapat berdampak pada kenaikan berat badan, resistensi insulin dan oengeras arteri.
Lemak jahat terdapat pada gajih, susu tinggi lemak, margarine, mentega, makanan yang diproses. Sebagai gantinya lebih seringlah makan ikan. Karena menurut penelitian asam lemak omega- 3 yang terdapat pada ikan laut seperti ikan kembung, tenggiri, sardine dapat menurunkan kadar trigliserida dan tekanan darah ynag kerap diidap oleh penderita diabetes.
5. Penganut vegetarian
Meurut penelitian terbaru, mereka yang banyak makan buah, sayur, beras dan gandum yang masih ada kulit arinya glukosa darah akan terkontrol dengan baik.
Ketiga jenis bahan makanan tersebut rendah lemak yang akan berdampak positif terhadap berat badan. Diabetes erat kaitannya dengan kelebihan berat badan
6. Kurangi garam
Menurut data 50% orang yang menderita diabetes juga menderita tekanan darah tinggi. Karenanya mereka juga harus hati hati dengan asupan garam. Mereka perlu mengurangi garam cukup 1 sendok saja perhari.
7. Cintai polong polongan
Polong polongan seperti kacang polong, kacang merah, kacang hijau memberi efek positif terhadap kesehatan, termasuk memperbaiki sensitivits insulin dan control gula darah. Karena polong polongan ini rendah glikemik indeksnya dan tinggi serat.
8. Lebih sering makan kacang kacangan
Penderita diabetes melitus tetap boleh ngemil tapi pilihlah cemilan sehat dari kacang kacangan seperti kacang tanah, kacang kedele, kacang mete, kacang almond dsb. Tapi perhatikan juga pengolahan kacang kacangan ini. Sebaiknya jangan yang digoreng tapi dibakar dalam oven. Juga jangan dalam porsi yang berlebihan.
Lemak, vitamin, mineral, serat dan fitosterol yang terdapat pada kacang kacangan, terutama kacang kedelai. Memiliki efek positif baik terhadap defisiensi insulin.
9. Jangan lupakan sarapan
Penelitian menunjukkn mereka yang tidak sarapan biasanya akan kalap pada saat makan siang sehingga makan dalam jumlah besar yang dapat berdampak pada naiknya kadar gula darah.
10. Makan 5-6 kali
Jadwal makan yang teratur perlu dilakukan oleh penderita diabetes. Mereka perlu makan 5-6 kali sehari yang terdiri atas 3 kali makan utama (sarapan, siang dan malam) lalu 2-3 ngemil antara waktu makan. Pengaturan ini sangat penting demi mencegah lonjakan kadar gula darah dan menghindri kadar hipoglikemik (kondisi kekurangan gula darah) setelah meminum obat diabetes